Proyek Srikandi, Nyata, Hoax atau Fiksi Ilmiah??

Srikandi

Srikandi, sebuah nama yang sangat popular ditanah jawa, nama dari seroang dewi dalam khazanah pewayangan nusantara ini kabarnya tengah disematkan sebagai nama dari sebuah projek nasional dibidang Alutsisa strategis, Pesawat tempur. Bagi ane, informasi soal adanya projek Srikandi sudah cukup lama terlambat diketahui, hasil dari bersemedi bersama paman google menunjukan bahwa hembusan berita tentang Srikandi sudah melayang sejak tahun 2010 silam. Sebenarnya, upaya untuk mengembangkan pesawat tempur nasional bukanlah hal yang baru atau misterius, semenjak Republik masih dalam usia merangkak, beberapa pioner ahli pesawat nasional telah berusaha merancang dan membangun sendiri pesawat tempur, meski pada ujungnya upaya-upaya ini karam ditengah jalan akibat berbagai kendala seperti keterbatasan dana, Sarana penunjang, hingga minimnya dukungan kuat dari pemerintah.

Kembali ke Srikandi, di dunia maya muncul sedikit bongkahan bukti tentang proyek ini, yakni beberapa foto sketsa model 3D pesawat berukuran kecil (light Combat Aircraft/Jet Trainer) seperti Yak 130 atau T50 Golden Eagle dengan logo TNI AU di kedua sayapnya. Sepertinya masih Belum bisa dipastikan, apakah gambar desain ini memang blueprint asli dari sosok jet tempur nasional Srikandi atau hanyalah illustrasi Fanmade belaka. Ada berbagai kemungkinan dan apapun bisa terjadi, minimnya informasi yang bisa disearching dan tiadanya publikasi tentang projek ini seolah menegaskan bahwa Srikandi adalah sebuah Top Secret Project Misteri. Gambar-gambar rancangan yang telah melayang di internet bisa jadi merupakan bentuk kebocoran projek ini. Namun kemungkinan lain, Seperti yang sudah disebutkan, Srikandi bisa saja hanya proyek illusionis, masih berstatus diatas kertas yang diseriusi dengan pembuatan gambar rancangannya.

Last, Sebagai salah satu warga Negara sebuah bangsa besar, tentu merindungkan kembali masa-masa dimana bangsa ini mampu meranang dan membuat benda berteknologi tinggi yang masih didominasi Negara maju. Pahitnya nasib yang diterima N-250 seolah menjadi tirai penghalang kemajuan bangsa ini dibidang industry pesawat yang wajib dihancurkan. Hadirnya projek-projek nasional dibidang Alutsista strategis baik yang sudah berjalan , tersandung sandung (KFX/IFX) atau yang masih berupa konsep, merupakan benih benih pereda kehausan dan kerinduan rakyat akan pencapain teknologi tinggi yang diraih putra putri bangsa Indonesia. Saat ini, Indonesia sudah cukup tertinggal dengan Negara Asia lainnya dalam upaya memiliki pesawat tempur nasionalnya. China sudah mapan dengan J10-nya, India tengah berkeringat dengan Tejas, Taiwan sudah klimaks dengan Ching-Kuo, Pakistan bergandengan tangan dengan JF-17 dan Iran bersuka cita dengan Shafaq nya. Semua bergelut dengan cara dan tantangannya masing masing dalam meraih impiannya sebagai konstruktor Jet Tempu demi Pride and Independency sebagai sebuah bangsa.

So, apapun status dan bentuknya, kita semua berharap bahwa proyek Srikandi ini betul betul nyata dan tengah dikerjakan dengan semangat luarbiasa ditengah reruntuhan keterbatasan baik Political will dan Biaya.

Jayalah Indonesiaku.. Keep on Republic, stop to be Federation

Iklan

14 respons untuk ‘Proyek Srikandi, Nyata, Hoax atau Fiksi Ilmiah??

  1. Ping-balik: Harapan Pada Bocoran Info | Triyanto Banyumasan Blogs

  2. sesungguhnya bisa terealisasi ” K A L A U ” ADA dana yg bisa di kucurin.
    Lha wong roket R-han,wulung,puna mau high Quality, tapi the money entek di gondol anggota Hewani,,
    coba saja pemerintah lebih tegas. Dan sigap dalam hal ini.saya yaQin pasti bisa melayang

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s