Rudal Hipersonik, Seluruh Bumi dalam genggamannya.

FalconIntro

Ada yang berpendapat bahwa teknologi Stealth yang sesungguhnya bukanlah bentuk yang membelokan pelacakan radar atau Low Observer Reliability seperti bentuk pesawat B-2 Spirit, F22 Raptor atau F-35 Lightning II melainkan faktor Kecepatan alias Speed is New Stealth.  Keunggulan disektor Kecepatan saat ini melekat pada rudal Hipersonik (Hypersonic Cruises Missiles) berkecepatan 5 kali kecepatan suara atau March 5. Rudal Hipersonik pada hakikatnya adalah pengembangan dari Peluru kendali antar benua atau intercontinental ballistic missiles (ICBMs) ,Rudal jenis ini mampu mengangkut hulu ledak Nuklir atau bahan peledak konvensional dengan daya jelajah yang sanggup mencapai target seantero Bumi dengan kecepatan dan Ballistic Trajectory yang sulit dihadapai oleh sistem pertahanan udara saat ini.

Gagasan mengenai Rudal Hipersonik berawal dari pengalaman militer AS saat berupaya menghancurkan markas2 Teroris dari jarak jauh, Sayangnya rudal rudal jarak jauh AS seperti Tomahawk hanya memiliki kecepatan subsonic 880 km/jam, dibutuhkan waktu berjam jam bila sasarannya berada diradius diatas 1000 km. Militer AS sempat terpikirkan untuk menggantikan peran rudal jarak jauh dengan rudal balistik (ICBMs) dengan hulu ledak biasa, namun yang dikhawatirkan, peluncuran rudal balistik dapat menggemparkan public dunia dan berpotensi memprovokasi Negara pemilik ICBMs lain nya untuk turut meluncurkan rudalnya sebagai balasan sehingga Ide pemakaian ICBMs untuk target teroris pun harus di tanggalkan.

2013091000866_0

How hypersonic missile work

Beda Rudal Hipersonik dan ICBM

 Tak ada perbedaan besar antara Rudal Hipersonic dan ICBM selain di sektor kecepatan dan wahana yang membawanya melesat ke angkasa. ICBM dapat diluncurkan dengan roket konvensional  dari Darat (Mobile/Silo) dan Submarine sedangkan Rudal Hipersonik lebih diprioritaskan diangkut dengan wahana khusus yang disebut HGV (hypersonic glide vehicle), HTV (Hypersonic Technology Vehicle) atau boost glider. Dengan wahana khusus ini, diharapkan Rudal Hipersonik dapat diluncurkan tanpa menimbulkan reaksi dan kekhawatiran tentang ancaman perang Nuklir seperti yang dialami oleh ICBM.

Pengembangan Rudal Hipersonik

Hingga kini, Teknologi wahana Rudal Hipersonik masih dalam tahap Uji coba. Negara-negara yang aktif mengembangan teknologi ini yakni :

  • Amerika, Falcon Project, pengembangan wahana HTV oleh DARPA AS. HTV ini didesain seperti pesawat luar angkasa.
  • China, WU-14. Hasil konversi Rudal Balistik ‘Carrier Killer’, Dong Feng DF-21D , diperkirakan mampu melesat dengan kecepatan march 10 (10 kali kecepatan suara).
  • Rusia/India, Brahmos II.  Kecepatanya mencapai Mach 7. Meski dapat diluncurkan secara konvensional (dengan truk,kapal,pesawat), belum diketahui pasti kalau India/Rusia sedang mengembangkan wahana HGV.

At least, Dimasa mendatang ketika keunggualan AS  akan penguasaan teknologi pesawaat siluman kian memudar,  akibat banyak Negara berlomba lomba bermain dalam teknologi siluman dan kontra siluman, maka Rudal Hipersonik akan menjadi penerus kedigdayaan teknologi siluman berkat kecepatan supernya. Pemakaian Rudal2 balistik atau cruiser dengan kecepatan Hipersonik dan Supersonic dewasa ini dikenal sebagai bagian dari Prompt Global Strike, sebuah istilah  yang menjelaskan tentang serangan global (seluruh dunia) secara kilat.

Iklan

10 thoughts on “Rudal Hipersonik, Seluruh Bumi dalam genggamannya.

    • yup, utk snjtny super strategis wjb melewati prosedur ketat n diawasi sec. international. g gmpng utk menekan ‘tombol’ launch.

      Balas
  1. setuju…, biar habis riwayat dunia, dunia tempat maksiat biar cepet hancurrrrrr, kagak ada lagi proses mnuju neraka, kaga ada lagi tempat semu……

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s