40 Tahun F-16 dan Kiprahnya bagi kekuatan udara di dunia

1450976

Tak terasa rasanya, salah satu jet tempur generasi ke 4 yang paling laris manis di pasaran dunia telah merayakan ulang tahun ke 40 nya, achievment dan eksistensi yang luar biasa bagi sebuah produk Alutsista udara. F-16 adalah pesawat fighter menengah bermesin tunggal, memiliki desain yang minimalis dan kubah kanopi bubble yang sudah menjadi ciri khasnya. Disisi persenjataan, F-16 cukup menggentarkan dengan berbagai varian senjata yang dimiliki dan haulage yang memadai, sektor Avionik pun demikian, pengembangan trus dilakukan dari Blok 1-15 sampai yang terbaru Blok 60/61. Keunggulan utama dari F-16 adalah sangat user friendly untuk dikemudikan, mudah diopersionalkan dan tentunya di bagian maintance yang ringan dan mesinnya ber endurance tinggi. Pantaslah bila penjualan pesawat ini mencapai 4500 lebih di seluruh dunia.

Terkait perayaan 60 tahun Lockheed Martin F-16 Fighting Falcon, situs the Avionist.com (22/01/2014) melaporkan AU Norwegia (Royal Norwegian Air Force) memeriahkan perayaan ini dengan menerbangkan prototype F-16, yakni YF-16 pada 10 januari 2014 lalu. Dalam sejarahnya, Prototye F-16, YF-16 terbang perdana pada 20 Januari 1974 di Air Force Flight Test Center (AFFTC) yang terletak di pangkalan AU Edwards. Pilot tes dari General Dynamics (Diakusisi oleh Lockheed Martin), Phil Oesthricher berhasil menerbangkan prototype ini selama 6 menit dan mendarat dengan selamat 6 menit kemudian. Uji coba ini awalnya sempat hampir ditangguhkan ketika Prototype YF-16 mengalami kecelakaan Flight Test pada 10 Januari 1974.

Pengaruhnya bagi AU di dunia

F-16 cukup banyak menorehkan tinta keberhasilan, palagan Battle Proven F-16 yang paling terkenal adalah Insiden Lembah Be’ka ditahun 1982. AU Israel dengan 40 pesawat (termasuk F-16) bertarung sengit melawan 100 Pesawat AU Suriah yang terdiri dari MiG-21 Fishbed, MiG-23 Flogger, dan Su-22 Fitter .Berkat keunggulan perang elektronika Israel, Duel ini berhasil dimenangkan armada AU Israel dengan menghajar seluruh armada AU Suriah tanpa ada kerugian satupun di pihak Israel. Sosok F-16 turut terdongkrak namanya dan dengan mudah menjadi barang yang diminati banyak Angkatan Udara di dunia, terutama Negara yang menjadi sekutu atau berteman baik dengan Amerika. Keberadaan F-16 hingga kini tetap menjadi Backbone kekuatan udara banyak Negara, Belgia, Norwegia, Denmark, Belanda , Mesir, Turki, Singapura, Israel, U.A.E  tercatat sebagai Negara operator F-16 paling banyak, termasuk AS sendiri yang tetap mengakomodir F-16 sebagai andalan utama pasukan Air Force Reserve Command (AFRC) dan Air National Guard (ANG) nya.

Indonesia pun tak ketinggalan, pada decade 1980 an Indonesia akhirnya tertarik dan membeli 1 skuadron F-16 Blok 15 A/B OCU sebagai Backbone utama kekuatan TNI AU. Bersama A-4N Skyhawk, F-16 menjadi pesawat workhouse penjaga gerbang kedaulatan udara RI hingga A-4N Skyhawk memutuskan pensiun pada 2002 dan beban F-16 dibagi rata dengan armada Hawk 109/209.

Bagi industry pesawat tempur Negara lain, sosok F-16 menjadi semacam inspirasi tersendiri untuk segera di adopsi , berlomba lomba untuk menirunya atau malah tertantang untuk segera membuat lawan kuat bagi F-16. Di kemudian hari, lahirlah jet tempur medium yang memiliki garis DNA identik dengan F-16 seperti Saab Jas-39 Gripen, Mitsubishi-F2, AIDC-Chingkuo, IAI-Kfir, Chengdu-J10 , Eurofighter-Typhoon, JF-17 dan KAI FA-50 Golden Eagle.

At least, melihat F-16 sudah menjadi sebuah franshice di dunia Alutsista Jet tempur dunia dan banyak Negara masih mengandalkan F-16 sebagai tulang punggungnya termasuk AS sendiri, membuat sang produsen Lockheed Martin belum berniat untuk menyudahi sepak terjang F-16 dengan menStop produksinya. Di masa mendatang, Dephan AS berencena menggantikan seluruh armada F-16 AS dengan pesawat terbaru mereka JSF F-35 Lighnting II, rencana Dephan AS ini membuat F-16 seolah olah telah menjadi Jet tempur kelas dua yang tak lagi mendapat “peran” penting dalam grand Map AU AS. Meski berada dalam bayang bayang F-35, F-16 sudah terlanjur menorehkan sejarahnya dan menjadi legenda dalam produk pesawat tempur di dunia. Sosok dan namanya tak akan mudah tergantikan oleh pesawat manapun juga meski disektor teknologi sudah cukup tersaingi oleh teknologi generasi ke 5.

Happy 40th Anniversary F-16, Congratulations |Kasamago

Iklan

18 thoughts on “40 Tahun F-16 dan Kiprahnya bagi kekuatan udara di dunia

  1. RI juga punya ya bro ?………kapan dipakainya ya….?ane ga pernah denger AU kita berperang dengan LN pakai pesawat terbang..apalagi pakai Kapal Perang setelah kemerdekaan dan Timor leste…yang ane denger mah RI cuma negosiasi dengan Malaysia…

    Balas
    • yup punya mz. masih dipake smpe skrang kok. pernah gan, g smpe perang sih tp ad aksi fightnya. tengkok aj insiden bawean F16 vs hornet Amrik dan di Timor pasca refrendum ,Hawk vs hornet aussie.

      Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s