Superhero, masih menjadi keran keuntungan Hollywood

Gambar

Superhero masih menjadi tema andalan bagi industry perfilman amerika/Hollywood, banyaknya judul film Superhero yang meraup keuntungan luar biasa menjadi motor dan rangka untuk terus menggeliatkan tema para Pahlawan Super sebagai mesin pencetak uang Hollywood. Ada dua pemain besar dunia Superhero yang bersaing, Marvel dan DC comics. Keduanya tengah berlomba lomba untuk menghasilkan film-film superhero yang merebut perhatian pasar, hasil persaingan sementara dimenangkan oleh Marvel berkat kesuksesan beruntun studio ini melalui proyek MCU (Marvel Cinematic Universe) nya. MCU sudah dimulai sejak perilisan film Hulk dan Iron Man, menyusul ditahun berikutnya hadir film Thor dan Captain America. Para Superhero ini kemudian disatukan oleh Marvel dalam film The Avenger yang menjadi climax dari rentetan film film superhero Marvel.

Film kedua Captain America, Captain America: The Winter Soldier langsung melejit menduduki peringkat pertama Box Office AS dan Canada dengan jumlah pendapatan yang fantastis, yakni sekitar 95 juta dolar AS dalam tiga hari pertama perilisannya. Kesuksesan sekuel Captain America berhasil menggeser film Noah dan memecahkan rekor pendapatan awal tertinggi sepanjang masa di bulan April. Peraihannya melampaui Fast Five pada April 2011 yang mendapat angkat penjual 86,2 juta dolar AS. Sekuel ketiga Iron Man pun bernasib sama, Iron Man 3 tercatat sebagai film dengan pendapatan tertinggi sepanjang 2013. Film ini meraih pendapatan 1,2 miliar dolar AS dengan budget produksi sebesar 205 juta dolar AS, angka yang menakjubkan. 409 juta dolar AS dari pendapat domestik, 806 juta dolar dari pendapatan internasional. Dua film predessornya. Iron Man dan Iron Man 2 juga turut sukses besar meski angkanya tak menembus angka 1 miliar dolar.

Berbeda dengan DC comics dimana banyak film adaptasi superheronya yang tak mencapai harapan, hanya ada 2 tokoh jagoan DC yang terbilang meraih kesuksesan besar yakni Trilogi Batman The Dark Knight karya Christopher Nolan dan Superman : Man of Steel karya Zack Synder. Man of Steel, Superman versi terbaru ini banyak dipuji lantaran efek visualisasi CGI memukau yang diperlihatkan sepanjang film. Man Of Steel berhasil mengantongi 660 juta dolar AS dari biaya produksi sebesar 225 juta dolar AS. Hasilnya, pihak studio tak ragu untuk menangkap peluang besar ini dengan rencana menghadirkan sekuel Man Of Steel pada 2016 mendatang. Selain itu, mengikuti jejak Marvel dengan The Avenger nya, DC comics berencana merilis film Justice League yang menyatukan superhero-superhero terkenalnya. Diranah animasi, Justice League cukup terkenal dan memiliki penggemar fanatiknya sendiri. Sedangkan The Dark Knight yang sempat menorehkan rekor sebagai film dengan pemasukan sebesar 1 miliar dolar dianggap sebagai Trilogi SuperHero yang mengompori dan membuka mata pemain Industri Hollywood untuk lebih serius menggarap film-film superhero sebagai backbone bisnisnya.

Film Superhero yang tengah menunggu untuk dirilis dan digadang-gadang meraih sukses besar antara lain : The Amazing Spider-Man 2 (2 Mei 2014), X-Men: Days of Future Past (23 Mei), Guardians of the Galaxy (1 Agustus), dan Teenage Mutant Ninja Turtles (8 Agustus). Tema Superhero terbukti tak sepi dari kreativitas dan imajinasi para penggarapnya, selain menampilkan karakter, kekuatan, kostum jagoan dan musuh nya, film Superhero juga menjadi ladang besar untuk menampilkan teknologi efek visual tercanggih dan terbaik yang menjadi senjata ampuh untuk memanjakan mata penontonnya. So, dengan segala kelebihannya, film Superhero kini menjadi bahan bakar utama untuk mengebulkan dapur industry film Hollywood dan pemuas hasrat para penggemar superhero.

7 pemikiran pada “Superhero, masih menjadi keran keuntungan Hollywood

  1. super hero.. ya pahlawan super gan…
    pokoknya kalo elu jadi pahlawan, terus ada unsur supernnya ya jadi super hero…

    btw, saya suka banget dengan karakter diatas gan… siapa tuh namnya yang tangan besi temennya captain america…
    inget ngk ada super hero indonesia namnya CAROQ.. sam percis kostumnya gan…
    kalo maw di bikin film nya, terus pake kostum beginian.. uihhh… pasti gila sangat

    Balas
    • yup.
      namanya Bucky Barnes alias Winter Soldier, sohibnya Kapten Amerika.
      Mirip Caroq bgt, entah dluan mn yg bkin. Ad kbar klo Gundala putra putir segera dibuat movie nya, ditangani lngsng oleh Hanung Brahmantyo, mga2 aj jd kenyataan.

      Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s