Mengenal OH-58D Kiowa Warrior, Helikopter Pengintai Ringan Terbaik

kiowawarrior_0

Sukses membaca habis karya sastra dari seorang novelis kondang Dan Brown berjudul DECEPTION POINT, gairah menulis keyboard yang sempat meredup akhirnya kembali juga. Dari berbagai informasi realistis yang luar biasa dari isi novel ini, dimana salah satu diantaranya adalah cinderama mata menarik bagi pembacanya, khususnya para penggemar dunia militerisme. Sebongkah peralatan militer canggih milik Pasukan khusus DELTA FORCE yakni Helikopter Kiowa Warrior. Bernama panjang, Bell OH-58 D Kiowa Warrior Armed reconnaissance Helicopter, merupakan versi nakal dan jahat dari keluarga helicopter sipil Bell 206. Helikopter ini sangat memiliki ciri khas yang unik, yakni adanya bola mirip ‘pentol kojek’ di atas poros baling-balingnya. Apabila versi baiknya, Bell 206 sukses secara komersial dan bahkan menjadi salah satu helicopter popular bagi keperluan sipil begitu pula Bell OH-58 yang terpilih oleh Angkatan Darat Amerika untuk didaulat sebagai mesin perang udaranya.

OH-58D Kiowa Warrior digunakan oleh AD AS (US Army) untuk misi pengintaian bersenjata (Light Observation/Scout/Reconnaissance), Diproduksi oleh Bell Helicopter Textron of Fort Worth, Texas. Bermesin tunggal, Berbilah ganda, bermesin Turbin Rolls-Royce Model 250 485kW dan ada sekitar 375 unit yang beroperasi. Kiowa Warrior telah banyak teruji dilapangan, antara lain di Haiti, Somalia dan Teluk Arab (Desert Storm & Desert Shield). Pada 2002, Kiowa Warrior turut dilibatkan sebagai bagian dari NATO’s SFOR Forces di Bosnia dan pada 2003, 120 unit Kiowa Warrior ikut berpartisipasi dalam operasi militer Iraqi Freedom. Selama operasi ini, 29 Kiowa jatuh sebagai korban. Sampai dengan 2011, Armada Kiowa Warrior US Army telah mengantongi 750000 jam laga.

Ruang Kemudi Kiowa

Ruang Kemudi Kiowa

Keunggulan Kiowa Warrior :

  • Mampu memanggul beban sampai 2000 lb/907 kg.
  • Daya jelajah mencapai 185 km, dan dapat ditambahkan bahan bakar cadangan seberat 320 kg untuk daya jelajah lebih dari 185 km.
  • Mudah dibongkar pasang dan diangkut, 2 unit Kiowa dapat dibawa oleh pesawat Hercules C-130.
  • Helikopter AD AS pertama yang memakai all-glass cockpit.
  • Dilengkapi Multitarget Tracking/Moving Target Indicator dan ANVIS (aviation night-vision system), Sistem tampilan simbologi dan Helmet-mounted Display.

Persenjataan :

  • Dilengkapi sepasang pilon senjata universal yang mudah digonta ganti (Quick Change)
  • Setiap Pilon dapat membawa 2 Misil Hellfire, 7 roket Hydra 70, 2 AAM Stinger, Fixed Forward Machine Gun kaliber 50.

Fitur :

  • Dibekali system navigasi Attitude Heading Reference System (AHRS) serta integrated Global Positioning System and Inertial Navigation System, GPS/INS.
  • Sistem komunikasinya memakai Improved Data Modem for Digital Battlefield Communications, (IDMDBC) dan SINCGARS FM anti-jam radio.
  • Countermeasures sistemnya memakai AN/ALQ-144 infrared jammer, radar warning receivers against pulsed and continuous wave radars dan laser warning detector.

Learjet 85 New Poster Layout

 Pada 2011, entah untuk alasan penghematan anggaran atau teknologinya dianggap mulai ketinggalan. Armada Kiowa warrior diwacanakan untuk dihentikan operasionalnya, peran nya kini telah di isi oleh armada Helikopter Apache yang lebih canggih dan multiguna. Rencana pengembangan Kiowa Warrior telah dikemukan melalui proyek next-generation Armed Reconnaissance Helicopter (ARH) dengan memakai Bell 407 sebagai basis nya. Pada Oktober 2010, US Army memperkenalkan OH-58F / Fox, versi terbaru dari OH-58D Kiowa dimana Cockpit dan Sensor nya telah di Upgrade. Direncanakan, OH-58F akan dioperasionalkan pada 2015.

 |Kasamago

Ref. Army-Technology.com

Iklan

2 thoughts on “Mengenal OH-58D Kiowa Warrior, Helikopter Pengintai Ringan Terbaik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s