Mengenal Perkembangan Generasi Pesawat Tempur

132140

Sebelum kita mengenal wujud pesawat tempur dewasa ini yang serba canggih dan menakutkan, kita perlu mengetahui bahwa wujud tersebut tak tercapai dalam tempo yang singkat. Terjadi masa-masa pengembangan seiring dengan pencapaian dan penempuan teknologi baru pada setiap masanya, proses penyempurnaan ini akhirnya melahirkan karakteristik di setiap masa pengembangannya. Seperti halnya benda ciptaan manusia lainnya, semuanya diawali dari sosok yang sederhana hingga super kompleks sekarang ini, berikut masa-masa pengembangan (Generasi) Pesawat Tempur :

Generasi ke 1: (1940-an)

Babak awal penggunaan teknologi mesin pancargas (jet) pertama bagi pesawat tempur, Diciptakan untuk membantu memenangkan Perang Dunia 2, sayang kehadiranya dikatakan terlambat untuk menikmati ricuhnya Perang Dunia. Dimasa mendatang pasca Perang usai, para pesawat pertama yang memakai propulsi jet ini titik penting dalam perkembangan teknologi pesawat tempur. Karakter : Sudah memakai Propulsi jet, kecepatan tinggi .Contoh : F-80, messerschmitt Me 262.

Generasi ke 2: (1950-an)

Meneruskan teknologi mesin jet dari generasi 1, terjadi perubahan bessar dalam bentuk body (desain) pesawat Tempur. Moment paling legendaries dari masa Generasi ke 2 adalah Dogfight antara F-86 USA vs MiG-15 Korea Utara saat Perang Korea berkecamuk di tahun 1950. Karakter : Sayap swept wings; radar penembakan, rudal infra merah aspek belakang. Contoh :F-86 Sabre, MiG-15, Vampire.

 Generasi ke 3: (1960-an)

Terjadi perkembangan teknoligi yang signifikan dari berbagai aspek, yang paling kentara adalah desain bodynya yang kembali berubah tajam mengikuti irama perkembangan teknologi yang ada, mulai dikenal dengan desain hidung lancip atau pencil. Karakter : Kecepatan supersonic, radar “search & track” penembakan beyond visual range . Contoh : F105,F-104,F-111,F-101, F-4 (century series), MiG-19, MiG-21, Buccaneer, Mirage III/V.

 Generasi ke 4: (1970-1980 an)

Perangkat avionic mengalami kemajuan yang drastic, berbagai teknologi atau fitur pendukung sudah ramai diterapkan guna meningkatkan daya juang pesawat tempur. Di Generasi ini pula, dunia mulai mengenal generasi pertama pesawat tempur siluman F-117 yang mengunakan bentuk dan material penyerap radar. Karakter : Radar pulse-doppler; kemampuan manuver tinggi (high maneuver-ability), mampu menembakkan rudal look-down, shoot-down, dilengkapi data link dan sensor infra merah, segala cuaca,anti radar. Contoh : F-15, F-16, Mirage 2000, MiG-29.

Generasi ke 4+: (1990 – sekarang)

Tak ada perubahan drastic dalam desain pesawat, hingga kini desain pesawat generasi ini masih menjadi primadona dan tetap aktif dipertahankan sampai sekarang. Perkembangan tinggi justru beralih di sector teknologi perangkat lunak, material dan persenjataannya. Karakter : Sangat handal segala cuaca (high agility), gabungan sensor (sensor fusion), jejak radar kecil (low signatures). Contoh : Eurofighter Typhoon, Su-30, advanced versions of F-16 , F/A-18, Rafale, J-10 dan Gripen.

 Generasi ke 4,5: (2000-an )

Meningkatkan kemampuan jenis pesawat generasi 4 dengan berbagai fitur modern terkini, penyempurnaan di beberapa sector, teknologi persenjataan, modernisasi mesin dan lainnya tanpa merombak desain body keseluruhan. Karakter : Radar “active electronically scanned arrays”; kemampuan stealth lebih baik “active” (waveform canceling) stealth; kemampuan supercruise .Contoh : Su35, F-15SE.

Generasi ke 5:

Lebih mengedepankan soal Kemampuan siluman dari semua arah “all-aspect stealth”. Terjadi perubahan struktur Desain body yang signifikan, lebih futuristic, Flat dan elegan. Karakter : Senjata tersimpan dalam body (internal weapons), sangat andal (extreme agility), integrasi sepenuhnya semua sensor (full-sensor fusion), integrasi avionics, dan kemampuan supercruise .Contoh : F22 Raptor, F-35, T-50 PAKFA, J-20.

 Generasi ke 6:

Penyempurnaan dalam bidang teknologi siluman (ëxtreme stealth), efisien dalam semua tahap penerbangan (subsonic to multi-mach), mampu mengubah citra atau “morphing capability,” lapisan pelindung “smart skins”, sangat terkoneksi highly net-worked””, sensor sangat peka (extremely sensitive sensors), mampu menggunakan senjata (energy weapons) semacam laser.* Contoh : FX-550 Skygrasper, X-Jet

Generasi ke 7

Membayangkannya mungkin persis seperti pesawat tempur yang ada di film2 fiksi luar angkasa. Pesawat tempur yang mampu terbang ke luar angkasa, menembakan laser, energy tak terbatas, material tangguh, avionic super modern, dibekali AI (UAV Mode) selain terbang juga dapat menyelam dibawah air atau bertranformasi menjadi robot humanoid (mecha). Contoh : X-Wings, Millenium Falcon, Valkyrie, XIG X-1, Milano Starship, Starfighter.

Iklan

One thought on “Mengenal Perkembangan Generasi Pesawat Tempur

  1. SMS Tersangka puspita kristin Penipuan “Maaf tadi sy tlp susah,masalah kontrakan yg bpk/ibu tmpati skrang yg punya adik sy Amir apabila ada perlu atau mau perpanjang kabarin aja dia hp 085213422247″
    Saya SMS Balik dapat JAWABAN DARI 085213422247
    ” Ni rek istri sy. Bank bri
    nama : puspita kristin
    no.rek : 202 401 007 897 507″
    Tolong diproses penipu ini pakai nomor sms massal 082299092031,082240497384. POLISI REPUBLIK INDONESIA Tanggal 25/02/2015

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s