PAK TA, Ambisi terbaru Kekuatan Militer Federasi Rusia

PAK TA

Gaya pertahanan Rusia kini telah berubah tajam, tak lagi mengandalkan gaya pertahanan klasik konvensional peninggalan Soviet yang terkesan kaku disana sini. Zaman telah berubah, konstelasi konflik berkembang dinamis linear dengan perkembangan teknologi militer apalagi setelah konfrontasi Rusia versus NATO yang dipicu oleh aneksasi Crimea dan campur tangan Beruang merah di tanah ukraina. Berubah atau tertinggal, mungkin berada dalam benak para petinggi militer Rusia terutama sang Presiden Vladimir Putin yang menginginkan kejayaan Rusia kembali pulih ditangannya. Dalam berbagai matra, terjadi modernisasi besar-besar ditubuh militer, peluncuran kapal selam baru, system pertahanan udara baru, pesawat generasi ke lima, dan sebagainya. Di ranah kekuatan udara, muncul wacana tentang rencana produksi pesawat angkut raksasa yang dapat mengantarkan pasukan besar ke seluruh penjuru dunia dalam waktu 7 jam saja. Pesawat Transportasi ini mendapat julukan sebagai PAK TA. Sepertinya akan menjadi tandem bagi pesawat pembom masa depan Rusia, PAK DA (perspektivnyi aviatsionnyi kompleks dal’ney aviatsii / prospective aviation complex for long-range aviation) yang juga dalam tahap pengembangan.

PAK TA akan dilansir sebagai sarana transportasi bagi Tank tercanggih Rusia ,Armata, sebuah tank yang menganut system modular sehingga dapat dijadikan platform tunggal untuk berbagai jenis tank. Kehadiran armata dengan system transportasi yang mumpuni diperkirakan dapat menjadikan ujung tombak kekuatan darat Rusia di masa mendatang. Setelah Rusia dilanda serangan Sanksi Ekonomi, Provokasi latihan militer,kematian tokoh opisisi dan penjatuhan harga minyak dunia, Nampaknya, Superiotas Militer menjadi jalan keluar Rusia atas kepungan dan rongrongan yang dilakukan oleh NATO guna menggulingkan Rezim Putin. Saat ini system tranportasi militer kelas berat Rusia di emban oleh Pesawat Angkut Antonov An-225 Mriya dengan daya angkut 250 ton, An-225 awalnya tak dirancang untuk keperluan militer, tetapi sebagai pesawat angkut Roket luar angkasa. Dalam hal pergelaran pasukan besar lintas benua, Rusia masih tertinggal jauh dari Amerika dan Nato, berkaca dalam aktifitas duo ini di Perang Irak yang mampu menghadirkan kekuatan massif dalam waktu singkat.

Ambruknya perekonomian Rusia akibat ulah kawanan NATO adalah sumbu utama membengkoknya perhatian penuh Rusia di benua Timur seperti Asia dan Amerika Latin, di wilayah inilah masa depan perekonomian Rusia menemukan obat nya. Dengan profesi utamanya sebagai pedagang senjata nomor dua dunia, Rusia mulai gencar menjajakan senjata-senjata terbaik di negara-negara timur, berbagi kasih saying berharap negara tersebut bersedia menjadi pelanggan tetap Rusia. Diantara Negara Timur tersebut, tentu India, Indonesia dan China adalah bidadari nya. Sejak Presiden SBY melaksanakan program modernisasi Alusista (Minimum Essential Forces), Produk-produk Rusia menjadi andalan nya. Hubungan Indonesia dan Rusia pun terjalin makin intens, pertanda ada hubungan terlarang dibalik hubungan mesra keduanya. So, kebangkitan militer Rusia diharapkan dapat mendongkrak pula kekuatan militer Indonesia, sebagai negara yang diberkahi semesta sebagai poros penyeimbang Asia Pasifik

Iklan

3 thoughts on “PAK TA, Ambisi terbaru Kekuatan Militer Federasi Rusia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s