Red Dog : Kisah nyata se ekor Anjing di Australia

Gambar

All Hands,

Bagi pecinta film atau sejarah pasti udah mengenal donk tentang Hachiko, kisah tentang kesetiaan anjing terhadap tuannya dan udah di film kan oleh Hollywood dengan judul Hachiko, a Dogs Story dibintangi oleh Richard Gere. Tapi kisah kesetiaan Anjing terhadap tuannya apakah hanya ada Hachiko di dunia ini? well, ternyata tidak.. dibelahin bumi lain tepatnya di Australia terdapat kisah nyata tentang anjing yang mirip dengan kisah Hachiko di Jepang. Sebuah kisah tentang pengembaraan seekor anjing Kelpie bernama Red Dog yang mengelilingi daratan pantai barat Australia untuk mencari tuannya yang sebenarnya telah meningggal dunia.

Gambar

Statue honoring Red Dog in Dampier, Western Australia

The Story

Seorang pengemudi truk, Thomas (Luke Ford), tiba di sebuah kota pelabuhan Dampier, Australia Barat, pada suatu malam. Sesaat sebelum memasuki sebuah bar di kota tersebut, ia terusik kala menyaksikan segerombolan orang dengan memegang senjata ingin menghabisi nyawa seekor anjing yang tengah sakit-sakitan. Cerita berlanjut saat para penghuni bar yang tak lain adalah para pekerja tambang bijih besi yang bekerja pada perusahaan Hamersley Iron, tempat Red Dog menemukan tuannya. Cerita pun mundur kebelekang, menceritakan tentang masa lalu Red Dog, kisah demi kisah terungkap dengan berurutan yang dituturkan oleh para petambang yang memiliki hubungan erat dengan Red Dog.

Dari cerita para petambang lalu didapat informasi bahwa pemilik anjing merah tersebut merupakan seorang Amerika bernama John Grant (Josh Lucas). John adalah pengemudi bus pada perusahaan Hamersley Iron,  memiliki pacar bernama Nancy (Rachael Taylor), seorang sekretaris perusahaan. Setelah tinggal selama dua tahun lebih di Dampier, John akhirnya melamar Nancy. Pada malam pertunangannya, John meninggalkan Red Dog di tempat tinggalnya untuk menginap di rumah karavan tunangannya. Namun ketika John hendak pulang di pagi hari dengan motornya, ia mengalami kecelakaan yang merenggut nyawanya. Karena kejadian tersebut, Red Dog terlupakan oleh Nancy maupun petambang perusahaan Hamersley Iron. Ternyata Red Dog masih setia di tempat majikannya, disuruh majikannya untuk tinggal berjaga. Setelah tiga minggu kejadian nahas itu, Red Dog memutuskan untuk mencari majikannya ke tempat biasa majikannya suka bertandang.

Red Dog kemudian menjelajahi seluruh Dampier,  hingga hingga ke Pilbara di Australia Barat yang kering kerontang. Karena tak bisa menemukan majikannya, pengembaraan Red Dog akhirnya kembali ke Dampier. Saat tiba di kota itu, ia mampir ke karavan Nancy yang ada di lahan parkir khusus untuk karavan dan betapa terkejutnya saat Nancy menjumpainya. Setelah cerita selesai, didalam Bar Red Dog bangkit dan keluar mencari kembali majikannya. Saat para penduduk kota menyadari kehilangan Red Dog, anjing tersebut kemudian ditemukan mati di atas kuburan majikannya.

The History

Film ini diproduksi pada 2011 di Australia, merupakan film yang diangkat dari kisah nyata. Tak lama setelah Red Dog mati pada tahun 1979, Nancy Gillespie, menuliskan petualangannya dalam sebuah kumpulan puisi-bersama karya beberapa orang yang bermukim di Pilbara dalam sebuah buku berjudul Red Dog. Pada tahun 1993, Beverly Duckett menuliskan petualangan anjing merah itu dalam sebuah buku berjudul Red Dog: The Pilbara Wanderer. Cerita Red Dog ini kemudian menginspirasi Louis de Bernieres, penulis cerita Captain Corellis’ Mandolin, untuk menuliskan legenda anjing merah ini. Selain amat mengharukan, Red Dog pada ajang Inside Film Awards 2011 di Sydney, Australia, beberapa waktu lalu, telah meraih tujuh penghargaan yang meliputi kategori bergengsi Best Actor selain kategori lainnya, yaitu Best Feature Film, Best Direction, Best Script, Best Cinematography, Best Music, dan Inside Film Award for Best Box Office Achievement.

Conclusion

Selain drama yang menyentuh, Red Dog juga diselingi dengan adegan komedi yang terjadi diantara para petambang dan duel sengit antara Red Cat vs Red Dog, Red Cat adalah kucing penjaga caravan Nancy yang selalu mengalahkan para anjing yang memasuki wilayahnya, setelah duel pertama Red Dog dengan Red Cat berlangsung imbang akhirnya Red Dog berhasil mengalahkan Red cat, lucunya pada akhirnya Red Cat dan Red Dog berteman baik. πŸ˜€

Sayangnya film ini tak berhasil membuat ane menyelami kisahnya yang mengharukan, tak seperti hachiko yang lumayan sukses membuat ane menitikan air mata. Mungkin karena gaya penyampainnya yang masih kalah berkualitas dengan hachiko walau penggarapan film ini bener2 bagus, termasuk adanya unsur humor di dalamnya. Beberapa film lain yang bertema sama tentang kesetiakawanan Anjing terhadap tuannya antara lain Eight Below (2006), dan Balto (1995).

 

Sutradara : Kriv Stenders
Pemain : Josh Lucas, Rachael Taylor
Genre : Komedi, Drama
Produksi : Endymion Films

 

Skor : 3/5

Iklan

8 thoughts on “Red Dog : Kisah nyata se ekor Anjing di Australia

  1. konsep ceritanya lumayan
    tinggal dipoles dikit dan musiknya yang menyayat hati bikin nangis dah
    kalau kata kak kasamago kurang greget
    ya berati eksekusinya belum maksimal πŸ˜€

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s