Koleksi Kaset Pita yang masih tersisa…

Kaset1

All hands,

Dalam dunia media pemutar musik jauh sebelum ipod, kube dan mp3 player lainnya saat itu media yang masih populer dimasyarakat adalah Kaset Pita. Penjualan Tape ato minicompo pun masih terus menggeliat. Saat itu ane yang masih belum menyukai dunia musik hanya melihat kakak dan saudara punya begitu banyak koleksi kaset dan rutin membelinya bila band favoritnya menelurkan album terbaru.

Ane sendiri mulai mengoleksi kaset pita ketika ada program Radio Asia Invasion yang memutar dan mengulas lagu2 Jepang berikut Anime, Manga dan Tokusatsu. Setiap hari ane selalu dengerin acara ini berharap lagu2 jepang yang keren2 diputar. Karena masih gaptek belum kenal apa itu Mp3 apalagi Internet ><, bermodal MiniCompo Republik Rakyat Tiongkok ane ngerekam lagu2 jepang yang diputar diradio dengan kaset pita, hal ini dilakukan tiap hari Akibatnya Radio rusak sampe 3 kali sekaligus menghabiskan beberapa biji kaset pita.

kaset2

Sebagai Siswa yang dicap sederhana, demi mengirit biaya membeli kaset pita kosong ane merekam lagi dengan puluhan kaset pita tembang2 lawas dan dangdut peninggalan Khitanan adik ane . Semua berjalan lancar, sampe si penyiar mencium adanya gelaja tak beres saat musik diputar, yakni pengcopyan illegal. Ternyata pelaku perekaman lagu radio bukan hanya ane, tapi banyak ! so, ternyata ane punya temen banyak yang sama2 gaptek dunia maya :-D. Lalu dari beberapa Koleksi kaset pita, hanya 2 yang ane beli langsung dari Tokonya, tentu saja sangat Orginal yakni Album Best Of Soul dari BoA dan Awake dari L’Arc~en~ciel.

Kegiatan monoton ini terus berlanjut sampe dipenghujung Tahun 2005, acara Asia Invasion ini sendiri telah mengudara diawal Tahun 2003. Diakhir tahun 2005 tersebut terdapat konflik internal dimanajemen Radio, efeknya banyak program radio yang berguguran tersisa segelintir termasuk Asia Invasion. Akhirnya, karena gagal menemukan solusi yang tepat, Radio terpaksa tutup atau collaps. Tak kuasa melihat keadaan ini, guna membuktikan ane teleport menuju kantor Radio nya dan apa yang terlihat sungguh memiriskan hati, Gedung Radio kosong melompong tak terurus ramai dengan para pekerja yang sepertinya sedang akan membongkar gedung Radio ini.

Well, karena sudah memakai kube ,pc,ponsel dan notebook tuk dengerin lagu, otomatis koleksi kaset2 menghuni kamar dengan status ‘dimuseumkan’. Semoga saja, Eksistensi Kaset Pita akan tetap terjaga, sehingga bisa menjadi alternatif media bagi yang ingin bernostalgia mendengarkan musik dengan cita rasa classic.

Iklan

35 thoughts on “Koleksi Kaset Pita yang masih tersisa…

  1. wah, kalo dulu saya sllu beli kaset asli klo ada artis luncuin album baru mas,,, skrg belum keluar albumnya udah nyolong duluan dari google.. 😀

    kaset saya dlu: green day, radja (3 album), bondan & f2b (sebelum mereka terkenal), MCR, Fall Out Boy, Hoobastank, n beberapa kaset rock Judas Priest, Metallica, Halloween, dll

    http://alfido.wordpress.com/2012/09/30/bajaj-secara-resmi-tidak-ikut-di-ajang-pameran-jakarta-motorcycle-show-2012/

    jadi inget masa lalu 😀

    Balas
  2. Sekarang kaset lagu2 anime udah hampir gak ada yaa… Walaupun era modern tahun 2000-an juga udah jarang kaset anime. Padahal tahun 70-95an banyak kaset anime, tokusatsu atau cerita anime yg original dijual di indonesia.

    Balas
  3. kayanya memang pada ngalamin hal yg sama pada tahun2 segitu, hingga tahun 2005 an.

    anehnya zaman ngedengerin lagu2 lewat kaset walaupun itu lagu diputar berpuluh-puluh kali dalam sehari tetep aja gak cepet bosenin 😀

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s